Artikel Lainnya
Loading...
Sabtu, 29 Desember 2012

Bahaya Air Putih Bagi Bayi dibawah 6 bulan

12.42
Tahukah anda dari kebiasaan memberikan air putih ?, ternyata dalam air putih tersimpan bahaya yang dapat mengancam buah hati anda!!, utamanya bayi dibawah 6 bulan. Sebaiknya untuk bayi dibawah 6 bulan diberikan ASI saja sudah cukup.

"Air Putih bermanfaat bagi kesehatan anak-anak dan dewasa memang benar, tetapi tidak halnya dengan bayi. Bayi di bawah 6 bulan sebaiknya jangan diberikan air putih karena tidak ada kegunaanya" (dr. Yulia Lukita Dewanti, M. Ked. Ped - SpA dari RS Sari Asih Serang). Pada bayi usia tersebut sebaiknya diberikan asi secara exclusif tanpa pemberian cairan tambahan, karena dengan ASI sudah cukup untuk memebuhi kebutuhan gizi bayi sesuai dengan perkembangannya.

Dalam ASI mengandung 88 persen air yang akan mencukupi kebutuhan cairan bayi. Begitu juga dengan bayi yang mengkonsumsi susu formula lebuh dari 80 persen komposisi susu formula yang dibuat adalah air. Mengingat tingginya kadar air dalam ASI maupun susu formula, bayi kurang 6 bulan tak perlu diberikan tambahan cairan lain apapun secara langsung termasuk air putih, teh manis, atau jus buah. 

Artinya, bayi tidak akan kekurangan cairan sejauh bayi mendapatkan ASI atau susu formula cukup setiap harinya. Bayi akan selalu ‘meminta’ ASI/susu formula bila ia merasa haus


0 komentar :

 
Toggle Footer